1. Faktor Lingkungan
Dalam lingkunganlah anak didik
hidup dan berinteraksi dalam mata rantai kehidupan yang di sebut
Ekosistem. Dua lingkungan yang pengaruh cukup signifikan terhadap
belajar anak didik di sekolah :
a. Lingkungan Alami
• Pencemaran lingkungan hidup merupakan mala petaka bagi anak didik yang hidup di dalamnya.
b. Lingkungan Sosial Budaya
• Lingkungan social budaya di
luar sekolah ternyata sisi kehidupan yang mendatangkan problem sendiri
bagi kehidupan anak didik di sekolah. Pembangunan gedung sekolah yang
tak jauh dari hiruk pikuk lalu lintas menimbulkan kegaduhan suasana
kelas.
2. Faktor Intrumental
Setiap sekolah mempunyai tujuan
yang akan di capai. Tujuan tentu saja pada tingkat kelembagaan,. Agar
dapat mencapai ke arah itu di perlukan seperangkat kelengkapan dalam
berbagai bentuk dan jenisny. Sarana dan fasilitas yang tersedia harus di
manfaatkan sebaik-baik agar berdaya guna dan berhasil guna bagi
kemajuan belajar anak didik di sekolah:
• Kurikulum
• Program
• Sarana dan fasilitas
• Guru
• Kondisi Psikologis
3. Kondisi Fisikologis
Kondisi psikologis pada umumnya
sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar seseorang. Orang yang
dalam keadaan segarjasmaninya, akan berlainan belajarnya dari orang yang
dalam keadaan kelelahan.
4. Kondisi psikologis
Emua keadaan dan fungsi
psikologis tentu saja mempengaruhio belajar seseorang. Berarti belajar
bukanklah berdiri sendiri, terlepas dari factor lain seperti factor luar
dan factor dari dalam. Factor psikologis sdebagai factor dari dalam
tentu saja merupakan hal yang utama dalam menentukan intensitas belajar
seorang anak.
Minat, kecerdasan, bakat,
motivasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif adalah factor-faktor
psikologisyang utama mempengaruhiproses dan hasil belajar anak didik.
a. Minat
•
Menurut slameto (1991 : 182), adalah suatu rasa lebih suka dan rasa
ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh
minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri
sendir dengan suatu di luar dir. Semakin kuat atau dekat hubungan
tersebut semakin besar minat.
b. Kecerdasan
•
Raden cahaya prabu (1986) perna mengatakan dalam mottonya bahwa :”
Didiklah anak sesuai taraf umurnya, Pendidikan yang berhasilkarena
menyelami jiwa anak didikny”. Yang menarik dari ungkapan ini adalah
tentang umur dan menyelami jiwa anak didik.
c. Bakat
•
Bakat merupakan faktoryang besar pengruhnya terhadap proses dan hasil
belajar seseorang. Hampir tidak ada yang membantah , bahwa belajar pada
bidang yang sesai dengan bakat memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha
itu.
d. Motivasi
•
Menurut Noehi Nasution (1993 : 8 ) motivasi adalah kondisi psikologis
yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi motivasi untuk
belajar adalah kondisisi psikologis yang mendorong seorang untuk
belajar. Penemuan – penemuan penelitian menunjukan bahwa hasil belajar
pada umumnya meningkat jika motivasi untuk belajar bertambah.
e. Kemampuan Kognitif
•
Dimana orang menyadari bahwa pengetahuannya berasal dari masa lampau
atau atau berdasarkan kesempatan yang diperoleh di masa lampau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar